Koleksi Alat Militer Terlengkap di Museum Militer Serbia

Koleksi Alat Militer Terlengkap di Museum Militer Serbia

Koleksi Alat Militer Terlengkap di Museum Militer Serbia – Sejarah wilayah Balkan adalah sejarah peperangan yang berkelanjutan sebelum segalanya, dan sejarah seperti itu dapat dilihat dengan baik di Museum Militer di Benteng Kalemegdan, yang terletak di Beograd. Meliputi periode dari Zaman Perunggu hingga 1999, koleksi museum yang luas meliputi senjata dingin dan api, baju besi, pakaian militer, dokumen sejarah, pajangan interaktif, dan banyak lagi. Meskipun sebagian besar berpusat di Serbia, Kroasia, Montenegro, dan negara-negara Balkan lainnya, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang negara adidaya sebelumnya seperti Kekaisaran Romawi dan Turki.

Koleksi Alat Militer Terlengkap di Museum Militer Serbia

Tampilan luar Museum Militer

Tampilan luar ruangan kendaraan lapis baja, meriam, anti-pesawat dan persenjataan angkatan laut membawa Anda ke Museum Militer, memungkinkan Anda untuk mengamati mesin yang digunakan dalam kedua perang dunia benar-benar gratis. Di antara pameran lainnya, Anda dapat melihat lebih dekat persenjataan militer yang digunakan oleh bekas tentara Yugoslavia, Jerman, Austro-Hungaria, dan kekuatan militer lainnya yang terlibat dalam perang Balkan pada abad-abad sebelumnya.

Dari Kekaisaran Romawi hingga Perang Dunia Pertama

Periode terkait berfokus pada transisi dari dominasi Romawi atas wilayah Balkan, melalui pendirian negara-negara Slavia abad pertengahan dan kebangkitan Turki, menuju pembebasan dari Turki Utsmani sesaat sebelum pecahnya Perang Dunia Pertama.

Slavia mulai bermigrasi ke wilayah ini tak lama setelah Kekaisaran Romawi Barat runtuh (abad ke-5 M), dan pasti dijajah pada abad ke-7. Dalam prosesnya, mereka berperang melawan Kekaisaran Bizantium (Kekaisaran Romawi Timur yang bertahan dari invasi suku-suku barbar) dan memperebutkan supremasi dengan suku-suku yang bermigrasi lainnya.

Ketika Slavia mengkonsolidasikan posisi yang mereka peroleh, berbagai negara abad pertengahan yang maju mulai muncul satu demi satu – Serbia, Makedonia, Bosnia, dll. Dominasi Slavia di wilayah ini berakhir dengan munculnya Kekaisaran Turki Utsmaniyah, yang menduduki sebagian besar Balkan di seluruh abad ke-14. Para penyerbu Islam menguasai negeri-negeri ini, sampai tingkat terbesar, selama lima abad berikutnya.

Pameran terkait Museum Militer membawa Anda melalui evolusi persenjataan dan peralatan militer selama berabad-abad, operasi militer, pasukan reguler dan pemberontak, model sistem benteng abad pertengahan, dll. Berikan perhatian khusus pada:

  • Gambaran umum Pertempuran Kosovo, pada tahun 1389, ketika negara abad pertengahan Serbia dihancurkan oleh Turki, dan di mana kedua penguasa terbunuh;
  • Pemberontakan Serbia Pertama (1804 – 1813) dan Kedua (1815), yang menandai awal pembebasan dari Turki;
  • Perang Balkan, terjadi antara orang-orang Balkan di satu sisi dan Turki di sisi lain dalam Perang Balkan Pertama (1912), dan antara Serbia (dan kemudian negara-negara lain) dan Bulgaria di kedua (1913), yang memiliki pretensi atas wilayah yang diklaim oleh Serbia pada tahun 1912.

Sepanjang jalan, Anda dapat membiasakan diri dengan Tsars Dusan (penguasa Serbia paling kuat selama Abad Pertengahan) dan Samuel (Makedonia), pemimpin Pemberontakan Serbia dan kepribadian berjasa lainnya, taktik yang dulu sangat unggul dalam bentrokan dengan orang-orang Turki. angkatan, dan lainnya.

Koleksi Alat Militer Terlengkap di Museum Militer Serbia

Perang abad ke-20

Kemenangan sekutu pertama atas kekuatan pusat dalam Perang Dunia Pertama (1914 – 1918) dimenangkan oleh Tentara Serbia atas Austria-Hongaria pada Pertempuran Cer. Antara pertempuran pendahuluan dan pembebasan pada tahun 1918 banyak yang telah terjadi. Penarikan tentara Serbia dari Beograd dan perebutan kembali setelah pertempuran Kolubara (1914), eksodus tentara Serbia dan orang-orang ke Yunani (1915) atas tanah terlantar Albania, pemulihan dan pertempuran Kaimakchalan (1916) dan pembebasan pada tahun 1918 Perang ini membuat Serbia kehilangan sepertiga dari populasinya.

Jerman tidak menunggu lama untuk kembali dalam penaklukan Balkan lainnya. Kali ini, dalam Perang Dunia Kedua, negara baru yang didirikan setelah Perang Dunia Pertama (yang mengumpulkan semua Slavia kecuali Yunani) menjadi mangsa mereka, sekutu tradisional mereka (Bulgaria, Hongaria) dan Italia. Selain operasi militer, model dan persenjataan terkait, bagian ini menggarisbawahi kepahlawanan besar para pejuang kemerdekaan melawan lawan yang luar biasa.

Tagged